Dasar Pertimbangan untuk Menyewa Tenaga Ahli Desain Rumah

Anda akan melewatkan kesempatan besar apabila mengerjakan proyek konstruksi tanpa seorang arsitek, desainer atau tenaga ahli rancang bangun, sebab mereka memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan yang menjamin seluruh aspek pekerjaan renovasi dan proyek rumah Anda berjalan lancar. Bahkan dalam proyek-proyek yang lebih kecil, seperti merombak sebuah kamar, banyak situasi tak terduga yang bakal muncul yang hanya dapat ditangani oleh tenaga ahli yang berpengalaman untuk menghemat waktu dan uang. Berikut adalah beberapa dasar pertimbangan mengapa Anda patut menyewa seorang desainer:

1. Paling memahami kebutuhan Anda
Dengan mengeksplorasi gaya hidup pemilik, desainer dapat menyusun rencana pembangunan yang menafsirkan aspirasi pemilik maupun kebutuhan struktural dan mampu menerjemahkannya menjadi sebuah karya arsitektur yang bernilai.
Dengan menyelaraskan kebutuhan dan anggaran Anda, seorang desainer dapat memandu Anda melewati proses perancangan bangunan, perizinan, merekomendasikan tim pekerja dan mengelola tahap konstruksi proyek agar sesuai dengan rencana bangunan.
Ada banyak jenis desainer yang bekerja di lingkungan industri bangunan rumah. Beberapa tenaga ahli memegang izin kerja; sementara yang lain adalah tim pembangun yang telah mengembangkan jasa mereka ke dalam desain serta pembangunan rumah dan renovasi rumah.
Perancang bangun dan desainer tanpa izin kerja dapat membantu mengerjakan desain rumah dan renovasi. Mereka cenderung bekerja lebih efektif, hemat biaya dan cocok untuk proyek kecil dengan anggaran terbatas, asalkan Anda dapat menemukan tenaga ahli yang tepat.
Untuk proyek rumah yang lebih besar, Anda bisa menyewa jasa seorang arsitek. Arsitek umumnya lebih mahal tetapi memiliki keterampilan dan bakat unik yang dapat menghasilkan karya desain yang kreatif dan menarik serta pengalaman yang luar biasa. Arsitek mengoordinasikan semua pihak yang terlibat dalam proyek Anda, dan memiliki kecakapan dan pengetahuan lebih luas yang berhubungan dengan teknologi canggih, bahan dan proses konstruksi.

2. Menghemat waktu dan uang Anda
Mempersiapkan gambar secara detail dan akurat secara signifikan dapat mengurangi kesalahan desain. Saat ini teknologi canggih memungkinkan desainer melakukan kontrol yang lebih akurat pada setiap bagian bangunan dengan merancang dan menyajikan proyek dalam bentuk gambar denah dan tampak dua dimensi maupun presentasi tiga dimensi. Perubahan pada gambar jauh lebih menghemat material dan tenaga kerja dibanding perubahan di lapangan. Pendekatan ini juga akan mempermudah kontraktor untuk secara tepat memperkirakan dan membangun proyek Anda.
Seorang desainer yang menguasai teknologi mutakhir dan pengetahuan ilmu bangunan bisa mengerjakan proyek-proyek pembangunan dengan revisi minimal sehingga lebih menghemat waktu dan uang. Menyewa seorang desainer akan membantu proyek Anda memenuhi aturan standar kota yang relevan.

3. Menguasai cara kreatif untuk mengatasi masalah
Desainer menyampaikan banyak informasi tentang proyek Anda dengan menggunakan bahasa presentasi gambar dua dimensi hingga konstruksi tiga dimensi. Namun ada kalanya terjadi kesalahan penafsiran terhadap gambar-gambar ini, yang menimbulkan kebingungan tentang bagaimana menyatukan setiap elemen bangunan. Desainer tahu bagaimana cara mengatasi masalah ini karena dapat menafsirkan bahasa presentasi sehingga dapat mencegah kesalahan yang lebih fatal.

4. Memiliki pengetahuan tentang desain rumah yang hemat energi
Pengetahuan desainer tentang berbagai bahan bangunan dan material finishing menolong Anda untuk merencanakan proyek rumah Anda berdasarkan kebutuhan anggaran, proporsi, dan fungsi ruang.
Orientasi, lokasi, dan tata letak bangunan adalah faktor yang menentukan dalam desain yang bagus dan tenaga ahli pasti akan memberikan persyaratan dasar untuk efisiensi energi. Mengoptimalkan pencahayaan dan penghawaan alami, pemanasan dari sinar matahari, dan bahan bangunan yang ramah lingkungan, akan membuat Anda dapat menghemat energi.

5. Hasil desain yang lebih kreatif dan fokus pada detail
Desainer yang hebat mampu menerjemahkan kebutuhan Anda menjadi ruang fungsional dan sekaligus menciptakan karya desain yang bagus. Anda perlu menyewa seorang desainer jika menginginkan desain rumah yang memiliki daya tarik dan menambah nilai investasi yang menguntungkan Anda.
Arsitek juga menentukan detail pipa dan drainase, instalasi listrik, finishing, dan informasi terkait lainnya yang dikomunikasikan dalam gambar atau dalam spesifikasi yang ditulis untuk kontraktor yang mengerjakan proyek Anda. Perubahan sebaiknya dilakukan pada tahap desain sesuai petunjuk kontraktor untuk menghindari kesalahan konstruksi dan menghemat biaya pembangunan.

6. Negosiator yang efektif
Jika Anda mengalami masalah dengan kontraktor pada proyek Anda, mungkin sulit bagi Anda untuk memahami bahwa mereka hanya melaksanakan pekerjaan sesuai gambar, atau bahkan kontraktor sebenarnya bertanggung jawab untuk masalah ini.
Arsitek dapat menjadi wakil dan penyokong Anda, tenaga profesional yang mengurus segala kepentingan Anda selama proyek berjalan dan dalam negosiasi dengan tenaga profesional lain yang terlibat misalnya kontraktor, insinyur sipil, konsultan, dan sebagainya.

7. Bertanggung jawab dalam koordinasi proyek
Selama proses desain dan konstruksi Anda mungkin memerlukan jasa tenaga ahli lain, mulai dari insinyur struktur, desainer interior, hingga tukang cat. Desainer Anda dapat mengoordinasikan tenaga ahli ini untuk mengerjakan rumah Anda sesuai anggaran yang ditetapkan. Selain itu, arsitek akan membantu Anda melewati prosedur yang rumit untuk memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB) yang diperlukan. Jika kontrak kerja dengan desainer Anda termasuk pengawasan bangunan, ia akan mengunjungi lokasi proyek untuk memastikan bahwa rumah Anda dibangun sesuai dengan gambar dan spesifikasi.